Jasad Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar Hilang Saat Dimakamkan

218
https://instagram.com/smart.gram

Peristiwa menghebohkan terjadi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jasad seorang ulama, Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar, dikabarkan hilang saat akan dimakamkan.

Kejadian yang sempat terekam oleh warga dan viral di media sosial pada Selasa (10/8/2021) lalu itu, terjadi di Desa Padamara, Kecamatan Sukamulia, Lombok Timur.

Dalam postingan video akun Instagram @smart.gram, tampak banyak warga mengiringi jenazah Tuan Guru ke pekuburan.

Awalnya, proses penguburan berlangsung seperti biasa, normal. Keanehan baru terjadi ketika jasad dimasukkan ke liang lahat.

Baru beberapa menit diturunkan dan akan diazankan, tiba-tiba jasad ulama ini yang sudah terbungkus dengan kain kafan tampak mengempis, lalu hilang. Sehingga menyisakan kain kafan saja.

Sebagaimana terekam dalam video tersebut, kejadian aneh itu membuat keluarga Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar menangis histeris. Sementara pelayat lainnya langsung mengumandangkan salawat.

Peristiwa menghebohkan ini pun membuat aparat kepolisian ikut turun tangan, dengan mengunjungi rumah keluarga Almarhum untuk bersilaturahmi.

Tak lupa, aparat juga memintai keterangan guru Pur dan guru Sinar di Embung Raja, yang pada saat kejadian berada di liang lahat.

Saat kejadian, Guru Pur berada di bagian kepala Almarhum. Guru Pur juga yang mendoakan dan mengadzankan Almarhum. Sementara Guru Sinar ada di bagian pinggul.

Guru Pur dan Guru Sinar pun membenarkan kejadian itu. Menurut mereka, jasad Almarhum masih ada saat diturunkan ke liang lahat. Sehingga mereka sempat memeluk dan mencium jasad Almarhum sebelum diletakkan di tanah, dan akhirnya menghilang.

Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar dikenal sebagai seorang ulama Tarekat Naqsabandiyah di Lombok Timur, yang memiliki banyak murid yang tersebar di berbagai daerah.

Almarhum adalah generasi ketiga keturunan Syeh Sirril Bayanullah yang mengajarkan Tarekat Naqsabandiyah dan meninggal di usia 86 tahun.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here