Sirajuddin Raju, Kandidat Calon Direktur Eksekutif Bakornas LKBHMI

385

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Mahasiswa Islam (LKBHMI) PB HMI akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada 27-29 September 2021 di Jakarta.

Dalam event ini, LKBHMI akan memilih Direktur Eksekutif Badan Kordinasi Nasional. Makanya, banyak nama kandidat calon yang mulai bermunculan. Satu di antaranya adalah Sirajuddin Raju, SH., C.LA.

Sirajuddin tercatat bergabung dengan HMI setelah mengikuti LK-1 HMI Cabang Manado pada tahun 2012. Pada tahun 2015, dia mengikuti LK-2 atau Intermediate Training HMI Cabang Jakarta Selatan. Dia pun memparipurnakan jenjang trainingnya dengan mengikuti LK-3 on Going HMI Badko Kepri.

Dengan bekal pengalaman sebagai Sekretaris Direktur Bakornas LKBHMI yang masih dipegangnya saat ini, Sirajuddin menegaskan siap maju dan bertarung sebagai Kandidat Direktur Eksekutif LKBHMI PB HMI 2021-2023 pada Munas ke-VII di Jakarta nanti.

Kesiapannya ditunjukkan dengan telah disusunnya konsep dan blue print kepengurusan periode selanjutnya, sehingga nantinya ada sebuah kesinambungan yang terarah untuk LKBHMI ke depan.

“Konsep dan blue print itu disusun secara diam-diam dalam perjalanan kepengurusan dengan berbagai dinamika yang saya alami,” tutur Sekretaris Direktur LKBHMI.

Dinamika itu, lanjutnya, membuatnya memahami apa sebenarnya masalah, tantangan dan potensi ke depan pada lembaga ini.

“Proses dinamika dan apa yang telah dibangun satu periode lalu tentang rumah ini, tidak akan saya biarkan begitu saja diambil alih oleh kandidat yang tidak tahu kondisi LKBHMI yang sebenarnya. Apalagi Rumah ini adalah Lembaga profesi, jadi harus dan wajib dinahkodai oleh kader yang hidup dan berkecimpung dunia profesi hukum,” sambungnya.

Untuk bertarung dalam suksesi ini, dia juga telah membangun visi “LKBHMI Collaboration” yang akan menjadi leading sector dalam menyiapkan kader hukum untuk belajar sebagai orang profesional dalam bidang hukum masing-masing.

Sementara itu, Alumnus FH unsrat dan Mantan Ketua Umum HMI Cabang Manado Iman Karim sangat bangga ada kader terbaik yang bisa bertarung dalam skop nasional terlebih di Organisasi Mahasiswa Tertua di Indonesia yaitu HMI, khususnya Bakornas LKBHMI, yang spesifikasinya adalah lembaga yang mengembangkan profesi hukum dan lembaga yang bisa secara langsung mengadvokasi masyarakat yang hak-haknya diabaikan.

“Sosok Sirajudin Raju adalah junior dan teman diskusi saya sewaktu kita sama-sama menempuh pendidikan di FH Unsrat. Banyak prestasi yang beliau raih, entah di dalam kampus ataupun membawa nama Almamater sampai ke perlombaan tingkat nasional, antara lain Debat Hukum dan Peradilan Semu,” ujar Iman.

Sirajuddin, kata Iman, merupakan pemikir hukum yang handal. “Kita berdua pernah sama-sama menjadi pemimpin Fakultas Hukum di periode yang sama walaupun statusnya hanya Plt atau Pelaksana Tugas. Saya sebagai Plt Ketua Senat Mahasiswa FH (Eksekutif Mahasiswa) dan Sirajudin sebagai Plt Ketua BPM FH (Legislatif Mahasiswa).

“Harapan saya kita semua dapat mendukung dan mendoakan beliau dalam perhelatan ini, karena secara skill yang dimiliki sangat mumpuni dan dapat membawa Bakornas LKBHMI menjadi lebih bagus lewat gagasan LKBHMI collaboration sebagai visinya dalam pertarungan ini,” pungkas Wasekjen Eksternal Bidang Pertahanan dan Keamanan PB HMI.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here