Pak Raden dan Hari Dongeng Nasional

313
https://mancode.id

Hari Dongeng Nasional diperingati setiap tanggal 28 November. Peringatan ini merupakan salah satu upaya untuk memelihara dan melestarikan dongeng yang sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia.

Sebagaimana tertuang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Makanya tidak heran jika cerita ini banyak diminati oleh anak-anak.

Tapi tahukah pembaca bahwa peringatan hari dongeng nasional tak lepas dari sosok Pak Raden, yang memiliki nama asli Drs Suyadi? Ya, tanggal lahir Pak Raden yakni 28 November 1932, kemudian diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional.

Kesepakatan menjadikan tanggal lahir Drs Suyadi sebagai ulang tahun Hari Dongeng Nasional diinisiasi oleh puluhan pendongeng, komunitas dongeng dan komunitas literasi, dengan menggelar acara dongeng secara serempak di beberapa kota, seperti Jakarta, NTB, Makassar, Pinrang, pada tahun 2015.

Drs Suyadi dinilai layak menjadi legenda dongeng dengan berbagai karya monumentalnya. Dia adalah seorang aktor, pengisi suara, komedian, dan pencipta Si Unyil. Si Unyil sengaja diciptakannya agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an.

Selanjutnya, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil.

Suyadi adalah seorang lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960) yang meneruskan belajar animasi ke Prancis (1961-1963). Dia juga pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar.

Dia juga dikenal piawai menggunakan beragam bahasa, mulai dari bahasa internasional hingga bahasa daerah. Yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Belanda, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Osing, Bahasa Jawa, Bahasa Madura, Bahasa Sunda, Bahasa Jepang, Bahasa Mongolia, Bahasa Jerman, dan Bahasa Georgia.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here