YSM Indonesia, Yayasan Berfokus Dakwah Dengan Gaya Beda

265

Satu lagi yayasan yang bergerak di bidang sosial, keagamaan, pendidikan, dan kesehatan, hadir di Sulawesi Utara (Sulut).

Ya, sejak 10 Januari 2022 lalu, Yayasan Suara Madani (YSM) Indonesia resmi beroperasi setelah keluarnya akta notaris dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor: AHU-0001478.AH.01.04.

Sebagaimana diungkapkan Ketua YSM Indonesia Mardan Umar dalam Konferensi Pers dan Buka Puasa Bersama dengan Sahabat Media, di Cafe Primadona Manado, pada Selasa (12/4/2022), yayasan ini fokus melakukan dakwah, tapi dengan gaya yang tidak biasa.

Kehadiran YSM Indonesia, kata Mardan, murni untuk memberdayakan umat, sebagaimana tagline-nya, “Bersama Berdayakan Umat”.

Memang dia mengakui bahwa sebenarnya sudah ada yayasan yang bergerak pada bidang yang sama. “Tapi kami menilai, semakin banyak lembaga dakwah semakin tinggi potensi pemberdayaan umat. Kami ingin sama-sama memberdayakan umat,” terangnya.

Dosen IAIN Manado ini juga menyebutkan bahwa YSM Indonesia memiliki program khusus untuk mengisi bulan Ramadhan tahun ini, dengan tema “Syiar Ramadhan”.

Dalam program ini, kata Mardan, terdapat sejumlah kegiatan seperti berbagi takjil dan buka puasa bersama anak yatim, Sahur On The Road, Kajian Ramadhan, dan Wakaf 1.000 Qur’an untuk Ummat.

Sementara itu, Founder YSM Indonesia Ikhsanugraha Fajar menjelaskan bahwa YSM Indonesia lahir dari percakapan sederhana oleh beberapa orang yang bersepakat bahwa umat Islam khususnya di Sulut butuh ide muda.

Hal ini, lanjutnya, ditengarai oleh adanya peluang Manado menjadi kota metropolitan saat 100 tahun Indonesia merdeka. “Kita harus menyiapkannya sejak sekarang. Modern bukan masalah, tapi iman harus tetap dijaga,” ujarnya.

Senada diungkapkan Founder YSM Indonesia Dino Gobel. Menurut dia, kehadiran yayasan ini diharapkan bisa bersinergi dengan berbagai stakeholder, termasuk pemerintah.

Sekadar informasi, susunan pengurus YSM Indonesia adalah sebagai berikut: Pendiri Ikhsanugraha Fajar dan Dino Gobel, Ketua Yayasan Mardan Umar, Sekretaris Agus Abdullah, dan Bendahara Rillya Kalsum Gobel.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here