Lulusan Unsrat Ini Jadi Pj Gubernur Gorontalo

57

Satu lagi putra kawanua yang mendapat kepercayaan menjabat kepala daerah di luar Sulawesi Utara. Dia adalah Hamka Hendra Noer.

Hamka yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo oleh Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Sebagaimana dikutip dari website resmi Pemprov Gorontalo, Hamka lahir di Manado, 20 Juli 1968. Gelar sarjananya diperoleh setelah menamatkan pendidikan di Universitas Sam Ratulangi Manado tahun 1992, lalu melanjutkan studi Magister di Universitas Indonesia (UI) dan lulus tahun 1998. Adapun gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) diperoleh pada tahun 2012 di National University Of Malaysia Bangi-Selangor.

Karirnya dimulai dari jabatan sebagai peneliti di Badan Urusan Logistik (Bulog) tahun 1997-2001, dan berlanjut pada tahun 2001-2002 sebagai Kasubid Keamanan Makanan dan 2002-2003 Kabid Konsumsi Makanan di Menko Kesra RI.

Setelah itu, pada tahun 2004 hingga sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Gorontalo, Hamka menduduki sejumlah jabatan di Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Mulai dari Tenaga Ahli Menpora, Kabid Program Kemahasiswaan, dan Kabid Pemberdayaan Organisasi Kemahasiswaan.

Tahun 2014, Hamka menjabat sebagai Asisten Deputi (Asdep) Tenaga Kepemudaan, kemudian Asdep Olahraga Rekreasi, serta Asdep Iptek dan Imtak Pemuda yang dijabatnya dari tahun 2018 hingga 2021. Dalam kurun Januari hingga Maret 2021, ia menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora RI, dan terakhir menjadi Staf Ahli Menpora.

Hamka juga aktif dan pernah menduduki jabatan pada sejumlah organisasi. Mulai dari Ketua HMI Cabang Manado, Sekjen Lamahu, serta pengurus DPP KNPI. Hamka juga aktif sebagai dosen Pasca Sarjana Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta, serta dosen dan Kapusdi Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul Jakarta.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here