Workshop Menggambar Teknik oleh Alvin Tinangon

35

Pameran gambar “Wale Ne Pinaesaan” oleh perupa Sulawesi Utara tahun 2022 menghadirkan workshop menggambar teknik pada Rabu, 18 Mei 2022, di Aula Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Workshop ini dengan pemateri Alvin J. Tinangon, ST, M.Ars. seorang arsitek, dosen pengajar di jurusan Arsitek, Fakultas Teknik UNSRAT yang juga merupakan perupa Sulawesi Utara.

Workshop diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari para mahasiswa dan pelajar SMA. Peserta terlihat antusias mengikuti.

Melalui presentasinya Alvin menyatakan bahwa menggambar teknik adalah menggambar proyeksi, yakni proyeksi dari objek yang hendak dibuat. Dalam membuat proyeksi itu, dibutuhkan pengetahuan akan perspektif, yakni perspektif satu titik hilang, dua titik hilang maupun multi titik hilang.

Sementara jenis perspektif yakni perapektif normal sesuai pandangan normal manusia, perspektif tinggi atau perspektif mata burung, serta perspektif bawah atau perspektif mata katak.

Di akhir materi, Alvin Tinangon mengajak para peserta untuk mempraktekkan apa yang diajarkan dengan membuat gambar perspektif. Para peserta menikmati praktek menggambar teknik yang diberikan dan akan melatihnya di rumah.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here