Ternyata Tak Mudah Jadi Jawara MTQ XXIX Kota Manado

219
Ketua Dewan Hakim Anis Toma

Para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Kota Manado dari berbagai kafilah di Kota Manado hingga saat ini masih berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam penguasaan terhadap ilmu-ilmu Al-Qur’an.

Pasalnya, pada perhelatan MTQ Tingkat Kota Manado kali ini, tidak mudah menjadi yang terbaik. Sebab, kali ini Dewan Hakim MTQ ternyata memiliki standarisasi penentuan juara.

“Para pemenang bukan hanya diambil dari aspek ranking saja. Lebih dari itu, Dewan Hakim punya standar nilai agar sah ditetapkan sebagai pemenang atau juara,” terang Ketua Dewan Hakim MTQ XXIX Kota Manado Anis Toma, Sabtu (28/5/2022).

Sebagai contoh, lanjut dia, juara pertama baru bisa disematkan jika ada peserta yang meraih poin 90-100. “Kalau untuk tingkat Provinsi Sulawesi Utara, kira-kira poin minimal 95 baru bisa juara 1,” ungkapnya.

Standar nilai yang diberikan tersebut, lanjut dia, agar para peserta berupaya menunjukkan penampilan terbaiknya. “Selain itu agar peserta juga bisa terus memperbaiki kualitasnya,” kata Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Manado ini.

Dia pun menyebutkan standar nilai untuk para juara. “Kira-kira begini. Juara 1 nilai 90-100, Juara 2 nilai 80-89, Juara 3 nilai 70-79, dan Juara 4 nilai 60-69,” pungkasnya.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here