Hikam Hulwanullah Kecam Oknum Senator Australia Yang Lecehkan Bali

187
Hikam Hulwanullah

Master of Law Student at University of Melbourne Hikam Hulwanullah mengecam keras senator Australia, Pauline Hanson, yang pada beberapa waktu lalu, memberikan pernyataan yang bersifat melecehkan Bali.

Bagaimana tidak, Hikam menilai pernyataan kontroversial itu dapat membawa dampak buruk bagi hubungan kerja sama Indonesia-Australia yang sudah terbina sejak masa awal kemerdekaan Indonesia.

“Apabila ini terus dilakukan secara berkelanjutan, dia tidak hanya menciderai hati warga Indonesia tapi juga sejarah kedua negara dan hati warga Australia itu sendiri sebagai sesama teman,” ujarnya, Rabu (17/8/2022).

Apalagi, sambung Hikam, hal Ini semakin didukung dengan hasil survey Lowy Institute’s first poll on Indonesia in a decade, yang menyatakan bahwa kepercayaan orang Indonesia terhadap Australia menurun drastic sebanyak 20 point dalam 10 tahun, dari 75% di tahun 2011 menjadi 55% di tahun 2021.

Hikam juga menilai, dengan berpendapat bahwa Bali jorok karena Sapi berkeliaran di jalanan, sehingga kotoran ternak banyak di tanah, menunjukkan Pauline sebagai seorang yang arogan.

“Padahal Bali adalah salah satu kota terbersih di Indonesia. Tak heran jika wisatawan asing sering mengunjungi lokasi yang juga mendapatkan penghargaan Bali the Traveler’s Choice Best of the Best 2022 dari TripAdvisor, dan Ubud, salah satu kota di Bali, penghargaan Kota Terbaik di Dunia dari Travel and Leisure. Majalah pada tahun 2021,” ungkap Hikam.

Sebenarnya, kata Hikam, pernyataan Pauline Hanson merupakan bentuk ekspresi kekhawatirannya terhadap the FMD outbreak disease yang mengancam Kesehatan masyarakat Australia dan sejumlah sektor yang berkaitan langsung dengan itu.

“Namun sayangnya pernyataannya selain tidak didukung oleh riset yang benar dan pengalaman survey berkunjung secara langsung, justru malah menggunakan bahasa dan penekanan yang tidak tepat menyinggung emosional kelompok negara lain,” ketusnya.

Meski demikian, Hikam menegaskan bahwa Australia tetap adalah negara tetangga Indonesia yang telah lama menjalin hubungan diplomatik mutualisme sejak awal kemerdekaan Indonesia tahun 1949.

Dia pun optimis bahwa Australia dan Indonesia akan terus bergandengan tangan menghadapi fluktuasi perkembangan segala sektor di Asia Pasifik dan di dunia.

“Apalagi ketika mendengar pernyataan Perdana Menteri Robert Menzies tahun 1959 yang diperkuat di dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi tahun 2020 bahwa Indonesia dan Australi sebenarnya cenderung memiliki banyak kesamaan disbanding perbedaan,” jelasnya.

Pada sisi lain, dia berharap momentum HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia tidak hanya membakar semangat optimis warga negaranya, tapi juga menginspirasi negara lain untuk terus berjuang dan bangkit di tengah tantangan global.

Sebagai informasi, pernyataan kontroversial Pauline muncul setelah timbulnya kasus Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak di Indonesia dan kemudian di Bali pada Mei 2022.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here