Kadivmin Terkesan Suasana Gereja Abigail Rutan Manado

74

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kanwil Kemenkumham Sulut, John Batara Manikallo begitu terkesan saat melihat dari dekat suasana Gereja Abigail yang berada di kompleks Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado.

“Saya sama sekali tidak menyangka bila di penjara ada gereja sebagus ini. Penataan bagus, kontras dan bersih. Terus terang saya sudah melihat gereja-gereja yang ada di penjara, tapi tidak ada yang sebagus ini,” puji Kadivmin, Sabtu (31/12/2022).

Kadivmin yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan, Barang dan Keamanan, Yusran Sa’ad dan Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Anak Agung Bagus Narayana yang diterima langsung Ka Rutan Manado, Deny Fajariyanto berada Rutan Manado dalam agenda khusus melaksanakan monitoring kewaspadaan kegiatan Tahun Baru 2023.

Kunjungan ini sekaligus merupakan tindak lanjut dari surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, terkait peningkatan Kewaspadaan dalam rangka menghadapi perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Sebagai salah satu bentuk deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, serta memastikan tidak ada pesta kembang api dan petasan pada pergantian malam tahun baru di Rutan Manado.

Ka Rutan yang didampingi Kepala Satuan Pengamanan, Rico Wendur dan Kasubsi Bimbingan Kegiatan, Joutje Sinaulan menjelaskan kepada Kadivmin tentang pelaksanaan Ibadah Perjamuan penutup tahun dan Ibadah Tahun Baru.

“Selama ini berjalan lancar dan dipersiapkan dengan baik,” ungkap Deny Fajariyanto.

Untuk lebih memaksimalkan pelayanan, Kadivmin dan Yusran Sa’ad memintakan untuk dibangun kanopi di depan pintu masuk gereja dan disanggupi oleh Ka Rutan segera dikerjakan.

Selain memantau kesiapan di Gereja, Kadivmin juga berkeliling melihat situasi Rutan mulai dari Blok dan kamar hunian Warga Binaan serta melihat situasi dapur.

Di akhir kunjungannya Kadivmin menyampaikan apresiasi, baik kepada WBP maupun petugas yang telah bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Manado.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here