Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama MAN 1 Kotamobagu, Senator DPD Djafar Alkatiri Jelaskan Tantangan Bangsa

74

Empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI harus terus dirawat dan dijaga demi keberlangsungan bangsa ini.

Hal itu diungkapkan Senator DPD RI Hi. Djafar Alkatiri saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama ratusan siswa MAN 1 Kotamobagu, di Aula MAN 1 Kotamobagu, pada Rabu 22 Februari 2023.

Menurut Djafar Alkatiri, kekokohan empat pilar kebangsaan itulah yang mampu membuat Indonesia bisa tetap berdiri kokoh sebagai sebuah bangsa yang berdaulat.

“Kondisi bangsa saat ini ditambah lagi dengan perkembangan zaman yang begitu pesat menjadi tantangan yang harus dihadapi bangsa,” ungkap Alkatiri, menjelaskan.

Suasana sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang digelar senator Hi. Djafar Alkatiri bersama MAN 1 Kotamobagu.

Jika empat pilar kebangsaan tidak dirawat, senator DPD RI dari Sulawesi Utara menilai akan membuka peluang kehancuran bangsa.

“Indonesia ibarat rumah. Jika Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai pilarnya tidak kuat, maka kehancurannya tinggal menunggu waktu saja,” ujarnya.

Makanya, lanjutnya, pelajar sekolah pun harus mengetahui secara jelas tentang empat pilar kebangsaan. “Makanya kami lakukan sosialisasi bersama siswa MAN 1 Kotamobagu,” katanya.

Alkatiri menambahkan, Empat Pilar Kebangsaan adalah sangat krusial sebagai bagian terpenting dari NKRI, terkait dengan berbagai persoalan bangsa dan tantangan ke depan.

Kata dia, Pancasila sudah menjadi keyakinan bangsa Indonesia sebagai dasar negara yang memayungi UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Maka, Empat Pilar Kebangsaan akan menjadi nilai dan kekuatan bangsa yang tak akan terpisahkan oleh gelombang zaman,” ucap anggota MPR RI ini.

Lanjutnya, Empat Pilar Kebangsaan sangat lentur dengan berbagai tuntutan dan tantangan perubahan. Dia pun berpesan dan menitipkan Empat Pilar kebangsaan kepada generasi muda.

“Empat Pilar Kebangsaan ini harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar setiap kita menjadi manusia yang berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pesannya.

Dia pun mengajak seluruh elemen bangsa, termasuk para siswa MAN 1 Kotamobagu agar turut mengambil peran dalam menjaga kekokohan empat pilar bangsa.

“Yakni dengan turut mensosialisasikannya minimal kepada lingkungan keluarga dan orang terdekat. Tak bisa hanya diam saja,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kotamobagu Liliyanti Kaawoan menyatakan bangga karena madrasah yang dipimpinnya dipilih sebagai lokasi sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Menurut dia, sosialisasi ini penting untuk memberikan pengetahuan kebangsaan kepada generasi penerus bangsa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here