Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan: Anggota MPR RI Djafar Alkatiri Tingkatkan Kesadaran Masyarakat di Masjid Al Falah Sindulang 1

58
Anggota MPR RI Djafar Alkatiri saat memberikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada jamaah Masjid Al Falah Sindulang 1

Anggota MPR RI Hi. Djafar Alkatiri melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat dan jamaah Masjid Al Falah Kelurahan Sindulang 1, Tuminting, Manado, pada Selasa (20/6/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Hi. Djafar Alkatiri menjelaskan mengenai 4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Dia menggarisbawahi pentingnya empat pilar ini sebagai landasan yang kuat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan adil.

Hi. Djafar Alkatiri menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara merupakan ideologi yang mengandung nilai-nilai luhur, seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pancasila dianggap sebagai landasan kokoh dalam membangun kesatuan dan keharmonisan di tengah keberagaman masyarakat Indonesia.

Dalam sosialisasinya, Hi. Djafar Alkatiri juga menyoroti pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia mengingatkan bahwa NKRI adalah hasil perjuangan bersama yang harus dijaga dan diperkuat oleh seluruh elemen masyarakat. Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”, juga diungkapkan sebagai semangat dalam menjaga keberagaman budaya, agama, dan suku di Indonesia.

Selain itu, Hi. Djafar Alkatiri juga menyoroti pentingnya menghormati dan mematuhi Undang-Undang Dasar 1945 sebagai hukum tertinggi di Indonesia.

Ia mengajak masyarakat untuk memahami konstitusi negara dan melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat jemaah Masjid Al Falah Sindulang 1. Mereka menyambut baik upaya Hi. Djafar Alkatiri dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap 4 Pilar Kebangsaan.

Para jemaah mengaku merasa terinspirasi dan bertekad untuk terus menjaga persatuan, keberagaman, dan keadilan di dalam masyarakat.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap 4 Pilar Kebangsaan semakin meningkat.

Anggota MPR RI Hi. Djafar Alkatiri berharap bahwa kegiatan serupa akan terus dilakukan di berbagai tempat dan melibatkan masyarakat dari berbagai latar belakang, sehingga Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai negara yang kuat dan bermartabat.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here