Sosialisasi 4 Pilar Oleh Djafar Alkatiri, Semangat Kebangsaan Menggelora di Manado

9
Foto bersama peserta dan narasumber Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh Anggota MPR RI Hi. Djafar Alkatiri,

ANTUSIASME menyala dari ratusan pemuda dan remaja se-Kota Manado saat mengikuti sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang dipimpin oleh Anggota MPR RI Hi. Djafar Alkatiri, pada Senin (6/5/2024).

Acara yang juga menghadirkan Kepala Lapas Kelas IIB Bitung, Syukron Hamdani, ini memberikan wawasan mendalam tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam paparannya, Hi. Djafar Alkatiri menekankan bahwa Pancasila adalah landasan moral yang harus dipegang teguh oleh setiap warga negara.

Ia mengajak peserta untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Djafar juga menjelaskan bahwa UUD 1945 adalah fondasi hukum Indonesia yang memastikan berjalannya roda pemerintahan dengan baik.

Dia bahkan mengajak peserta kegiatan untuk berdiskusi mengenai sejarah dan pentingnya UUD 1945, agar memberikan pemahaman yang lebih komprehensif.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Bitung Syukron Hamdani mengingatkan pentingnya mempertahankan NKRI di tengah tantangan global.

Penyerahan buku empat pilar kebangsaan.

Dia menekankan bahwa persatuan dan kesatuan adalah kunci untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang beragam.

Syukron Hamdani mengajak peserta untuk merayakan keberagaman sebagai kekuatan bangsa.

“Toleransi dan saling menghargai antar sesama adalah implementasi dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Kalapas Bitung juga mengajak generasi muda untuk menjauhi tindakan atau aktivitas-aktivitas negatif yang bisa berakibat fatal.

“Saya mengajak seluruh generasi muda khususnya yang hadir dalam sosialisasi 4 pilar ini untuk menjauhi aktivitas-aktivitas negatif yang nantinya berakibat pada mendekam di Lapas. Manfaatkan usia muda kalian dengan hal-hal positif,” ajaknya.

Adapun peserta sosialisasi menunjukkan semangat luar biasa dalam sesi tanya jawab, menandakan tingginya rasa ingin tahu dan kesadaran kebangsaan.

Hi. Djafar Alkatiri berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda dan membentuk mereka menjadi penjaga nilai-nilai kebangsaan di masa depan. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here