Wakil Walikota Manado Buka MTQ ke-30 Tingkat Kota Manado

8

Walikota Manado Andrei Angouw, melalui Wakil Walikota dr. Richard Sualang, menghadiri sekaligus membuka kegiatan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Kota Manado pada Kamis, 16/05/2024). Acara ini berlangsung di halaman Masjid Raya Ahmad Yani, Kota Manado.

Acara dibuka dengan melafazkan basmalah (Bismillahirrahmanirrahim) dan dilanjutkan dengan parade peserta MTQ dari 11 kecamatan di Kota Manado.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang, menekankan pentingnya meningkatkan eksistensi kegiatan keagamaan.

“Kegiatan seperti ini membawa manfaat spiritual bagi kita dan mampu meningkatkan motivasi pemerintah serta masyarakat Kota Manado. Melalui MTQ ke-30 ini, semoga kita dapat membangun mental spiritual masyarakat Kota Manado ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Sualang berharap, MTQ dapat menjadi pedoman hidup bagi para jemaah.

“Saya berharap kegiatan ini, yang juga merupakan ibadah, dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat Muslim di Kota Manado. Khususnya para generasi muda agar terus menjaga dan mengamalkan ajaran ini, yang tentu akan bermanfaat bagi kita semua di Kota Manado,” tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado, Hj. Rogaya Udin, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang.

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Kota Manado yang telah banyak membantu dan mendukung seluruh kegiatan keagamaan dari semua agama,” ucapnya.

Rogaya juga menyebutkan, sejak dirinya menjadi Kepala Kantor Kemenag Kota Manado, Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah banyak membantu kegiatan-kegiatan keagamaan.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi Pemerintah Kota Manado,” tambahnya.

Ketua panitia yang juga anggota DPRD Kota Manado, Hj. Nur Amalia, dalam laporannya menjelaskan bahwa lomba MTQ akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 Mei 2024 di beberapa lokasi, yakni Masjid Raya Ahmad Yani, Sekolah Islamiq Center Kota Manado, Kantor Kemenag Kota Manado, dan Universitas Muhammadiyah Kota Manado.

“Ada 227 peserta yang berkompetisi, mewakili 11 kecamatan,” kata Amalia. Pemerintah Kota Manado juga telah menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 300 juta dalam bentuk dana hibah. “Terima kasih atas dukungan dana hibah yang diberikan untuk hadiah uang tunai dan pembiayaan penting lainnya dalam rangka jenjang lomba selanjutnya,” ungkap Amalia.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Kantor Kemenag Manado Hj. Rogaya Udin, Ketua MUI Provinsi Sulawesi Utara KH. Abdul Wahab Abdul Gafur LC, Ketua MUI Kota Manado KH. Yaser Bacmid, Ketua BAZNAS Sulut Hj. Lutvia Alwi S.H., M.H, Rektor IAIN Manado Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, anggota DPRD Kota Manado sekaligus ketua panitia Nur Amalia, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dan Ketua LPTQ Kota Manado Amir Liputo, Ayub Albugis, Kepala KUA se-Kota Manado, Kepala Badan Ta’mir Masjid Ahmad Yani, serta tamu undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here