BenQ Indonesia Mengadakan Sosialisasi Produk BenQ Board Bersertifikasi TKDN di Manado

13

BenQ Indonesia mengadakan sosialisasi terkait produk BenQ yang telah memperoleh sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk produk BenQ Board di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center. Acara ini menghadirkan tiga narasumber terbaik yakni Yulianto Prihandoyo selaku Direktur Pasar Digital Pengadaan LKPP, Reza Kurniawan selaku Konsultan TKDN PT Sucofindo dan Muhammad Yusuf Guamo selaku Business Development Manager BenQ Indonesia.

TKDN adalah persentase nilai dari komponen produksi yang dibuat di dalam negeri. Setiap perusahaan, baik yang menghasilkan produk maupun jasa, wajib memiliki sertifikat TKDN untuk mendorong penggunaan produk dalam negeri. Nilai produksi TKDN mencakup biaya pengangkutan suatu item dalam penawaran harga barang dan jasa. Perhitungan TKDN berbeda-beda untuk setiap barang atau jasa. Untuk barang, perhitungannya melibatkan persentase komponen dalam negeri dari material yang digunakan, kewarganegaraan tenaga kerja, serta kepemilikan dan negara asal alat kerja yang digunakan. Penerapan TKDN dalam pengadaan barang dan jasa bertujuan untuk memberdayakan industri dalam negeri sebagai bagian dari upaya pemerintah meningkatkan P3DN (Penggunaan Produk Dalam Negeri). Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, BenQ Indonesia mendukung program pemerintah ini dengan menerapkan TKDN.

“Peningkatan P3DN membawa berbagai manfaat, termasuk peningkatan produksi dalam negeri, peningkatan peluang kerja, dan penghematan devisa negara.” Ujar Reza Kurniawan selaku konsultan Tingkat Komponen Dalam Negeri PT. Sucofindo.

Sebagai merek global, BenQ mampu meraih nomor 1 untuk penjualan Interactive Flat Panel Display (IFPD)  di Indonesia pada periode Q1 2024 (sumber: Future Source). Kini, BenQ kembali mengenalkan produk IFPD atau BenQ Board dengan bobot TKDN + BMP lebih dari 50%. Adapun produk-produk yang dimaksud ialah RE6503N2 dengan bobot TKDN + BMP 52,23%, RE7503N2 dengan bobot 52,16%, dan RE8603N2 dengan bobot 50,38%. Bobot ini melebihi nilai minimal untuk mendapatkan sertifikat TKDN yaitu 40% dihitung dari Penjumlahan nilai TKDN dan nilai Bobot Manfaat Perusahaan.

Sebagai pelopor dalam teknologi yang terus berkembang, BenQ Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan TKDN pada produk-produk BenQ lainnya di masa depan, guna mendukung peningkatan produk dalam negeri dan mendukung transformasi digital di Indonesia.

“Penyediaan produk ini merupakan komitmen BenQ dalam menyediakan produk berkualitas dunia sekaligus mendukung produksi dalam negeri. Dengan menerapkan TKDN, BenQ berperan aktif dalam memberikan manfaat kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia” ujar Muhammad Yusuf Guamo, Business Development Manager BenQ Indonesia.

Selain sosialisasi produk, pada kegiatan ini juga disampaikan materi oleh LKPP dan PT Sucofindo untuk penjelasan lebih lanjut mengenai percepatan proses pengadaan melalui ktalog elektronik dan e-purchasing serta implementasi program percepatan P3DN.

Informasi lebih lanjut mengenai produk-produk BenQ dapat diakses pada halaman resmi BenQ Indonesia (https://bit.ly/4aq3R0m) dan platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Linkedin, dan Youtube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here