Banyak Yang Lupa, 22 Februari Adalah Hari Istiqlal

184
https://www.instagram.com/p/CVUjeQeJmuE/

Banyak peristiwa penting yang pernah terjadi pada tanggal 22 Februari. Entah dalam skala nasional maupun global. Salah satu yang paling terkenal adalah Hari Pramuka Sedunia, sesuai tanggal lahir penggagasnya, Baden Powell.

Di Indonesia sendiri, pada tanggal yang sama, sebenarnya pernah terjadi sebuah peristiwa penting, khususnya bagi umat Islam Indonesia, sehingga menamainya sebagai Hari Istiqlal.

Hari Istiqlal berhubungan dengan pembangunan Masjid Istiqlal di Jakarta, yang saat ini berstatus masjid nasional. Pembangunan masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ini memakan waktu yang tidak singkat.

Ide pembangunan Masjid Istiqlal dicetuskan pertama kali pada tahun 1949, yang dipelopori sejumlah ulama, seperti KH Wahid Hasyim, KH Anwar Tjokroaminoto, Ir Sofwan, dan KH Taufiqurrahman.

Meski demikian, peletakan batu pertama baru bisa dilakukan pada 24 Agustus 1961. Sementara peresmiannya nanti pada 22 Februari 1987.

Banyak hal unik yang berkaitan dengan masjid ini. Beberapa di antaranya adalah sang arsiteknya, Frederich Silaban, merupakan seorang kristen yang taat. Letaknya pun berdekatan dengan Gereja Katedral Jakarta.

Selain itu, sejumlah sumber menyebutkan bahwa Masjid Istiqlal yang memakan anggaran sebanyak 12 juta Dolar Amerika berdiri di area bekas lokasi benteng Belanda, Prins Frederick, yang dibangun tahun 1837.

Pada sumber lain juga membeberkan bahwa permasalahan politik sempat membuat pembangunan masjid terhenti sejenak. Hal itu juga yang mengakibatkan peresmiannya baru bisa dilakukan 17 tahun setelah peletakan batu pertama.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here