30 September, Pemkot Manado Imbau Masyarakat Kibarkan Bendera Setengah Tiang. Tapi Kenyataannya…

294

Pemerintah Kota Manado menindaklanjuti Surat Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Perihal Peringatan Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021.

Pemerintah Kota Manado melalui Sekretariat Daerah Kota Manado mengeluarkan Surat Pemberitahuan kepada setiap instansi Pemerintah dan seluruh masyarakat agar mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2021, mulai pukul 06.00 Wita.

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado juga menginstruksikan seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila, pada 1 Oktober 2021.

Selain itu, juga mengimbau masyarakat untuk mendengarkan dan mengikuti pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui berbagai kanal media massa, baik itu televisi, radio dan daring, pada 30 September 2021.

Sayangnya, terpantau hingga Kamis (30/9/2021) siang, hanya sedikit saja warga Manado yang mengibarkan bendera merah putih setengah tiang, sebagaimana imbauan yang tercantum dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat.

Sebagaimana diketahui, 30 September merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal itu tahun 1965, terjadi aksi pemberontakan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) kala itu, dengan cara menculik, menyiksa dan membunuh tujuh jenderal TNI, di lubang buaya.

Meski sempat pula menguasai beberapa sarana informasi, namun aksi PKI berhasil diredam. Makanya esoknya atau tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here