Putra Sulut Ini Masuk 20 Besar Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes

532
https://www.instagram.com/p/BcwEBOtFSk_/

Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Namun tidak banyak perubahan rangking.

Di urutan 1 ada R Budi dan Michael Hartono yang memiliki kekayaan senilai 42,6 miliar USD disusul Keluarga Widjaja dengan kekayaan 9,7 miliar USD.

Menariknya, di antara 50 orang terkaya di Indonesia itu terdapat satu putra asal Sulawesi Utara (Sulut), yaitu Peter Sondakh. Dalam rilis terungkap bahwa Sondakh memiliki kekayaan sebanyak 2,15 miliar USD. Jika dikonversi ke mata uang Indonesia, maka nilai kekayaan Peter Sondakh adalah Rp31.912.450.000.000.

Dikutip dari Biografiku, Peter Sondakh adalah seorang pengusaha yang lahir di Manado pada 23 Juli 1953. Kekayaan itu tidak didapatkannya dengan mudah, karena bisnisnya dimulai sejak berusia 20 tahun.

Pada usia yang cukup muda itu, Peter mengambil alih usaha ayahnya sekaligus menjadi tulang punggung keluarga. Dua tahun kemudian, dia mendirikan PT Rajawali Corporation yang merupakan cikal bakal berdirinya RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia).

Tidak berhenti sampai di situ, Sondakh juga masuk bisnis rokok dan mengepakkan sayap bisnisnya pada beberapa aset saham nan luar biasa, dengan mendirikan Lombok Tourism Development Corporation, dan saham paling berharga, yakni PT Semen Gresik.

Beberapa tahun lalu, Peter Sondakh tercatat pernah masuk dalam 9 besar orang terkaya di Indonesia, dengan kekayaan kekayaan sekitar 1,88 miliar USD atau sekitar Rp24,4 Triliun.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here