Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Djafar Alkatiri Tingkatkan Kesadaran Nasional di SMK Alkhairaat Manado

60

Anggota MPR RI Hi. Djafar Alkatiri bersama dengan para guru, orang tua, dan murid SMK Alkhairaat Manado, melaksanakan kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Aula SMK Alkhairaat Manado, Selasa 18 Juli 2023.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran nasional di kalangan generasi muda.

Dalam sambutannya, Djafar Alkatiri menyampaikan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai dari 4 Pilar Kebangsaan sebagai landasan dalam membangun Indonesia yang kuat dan berkeadilan.

“4 Pilar Kebangsaan terdiri dari Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan kebhinekaan,” ujar Djafar.

Anggota Komite III DPD RI ini juga menekankan perlunya menjunjung tinggi persatuan, menjaga kerukunan antarumat beragama, dan memupuk semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

Selama acara, berbagai kegiatan interaktif dilakukan untuk mengaktifkan keterlibatan murid dalam pemahaman dan pengamalan 4 Pilar Kebangsaan.

Selain itu, Djafar Alkatiri juga menyampaikan peran penting orang tua dalam membentuk karakter nasionalis pada anak-anak mereka.

Ia mengajak para orang tua untuk terlibat aktif dalam mendampingi dan memberikan pemahaman yang benar mengenai nilai-nilai kebangsaan kepada anak-anak mereka di rumah.

“Hal ini bertujuan agar pesan dan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan dapat diinternalisasi dengan baik oleh generasi muda,” tegasnya.

“Diharapkan pesan dari 4 Pilar Kebangsaan dapat terus disosialisasikan dan diimplementasikan di sekolah-sekolah dan masyarakat secara luas,” sambungnya.

Dalam wawancara setelah acara, salah seorang murid, Ahmad, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Hi. Djafar Alkatiri atas sosialisasi yang menginspirasi dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya membangun persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Ia berjanji akan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan mengajak teman-temannya untuk melakukan hal yang sama.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here